Cara Memasang Tenda 03 Terbaru

Cara Memasang Tenda 03 Terbaru

Memasang Tenda 03 – Mendengar nama Tenda 03 tentu tidak akan asing lagi. Nama Tenda 03 merupakan salah satu perangkat wifi favorit banyak orang karena kemampuannya di outdoor yang memukau. Buat yang penasaran, inilah cara memasang Tenda 03 sebagai clien

Apa itu Tenda 03

Tenda 03 adalah sebuah perangkat outdoor point to point CPE yang berjarak 5 kilometer (km) yang sering kita kenal sebagai alat penangkap wifi dan juga dapat memberikan signal wifi sekaligus. Perangkat tenda model 03 adalah alat paling rekomendasi untuk membagikan sinyal atau signal wifi dengan jarak jauh antara server dan client.

image 2
Tenda 03

Tenda 03 dikenal juga memiliki beberapa fitur yang sangat canggih misalkan seperti WISP atau P2mP Link dan masih banyak lagi.

Cara Setting Tenda O3 Sebagai Acces Point

1. Silahkan anda siapkan kabel LAN yang cukup panjang sesuai dimana anda akan menempatkan router ini 5, 10, 15 atau 20 meter. Kami menyarankan untuk membeli kabel LAN yang outdoor karena akan dipasang di luar ruangan.

2. Kemudian silahkan pasang pada PoU injector dengan kabel LAN sebagai berikut pada gambar, yang satu anda tancapkan ke Router dan yang satu ke modem internet.

Setting%2Btenda%2BO3
Setting Tenda O3 Sebagai Acces Point

3. Kemudian koksikan laptop anda ke wifi tenda, lalu akses dengan browser dengan mengetik IP 192.168.2.1 maka akan muncul tampilan login. Untuk login gunakan username dan password default

username : admin

password : admin

Cara%2BSetting%2BTenda%2BO3%2Bmenjadi%2BAcces%2BPoint
Setting Tenda O3 Sebagai Acces Point

4. Setelah login akan masuk pada Quick Set-up lalu pilih AP dan klik Next

Cara%2BSetting%2BTenda%2BO3%2Bmenjadi%2BAcces%2BPoint%2B2
Setting Tenda O3 Sebagai Acces Point

Pada langkah diatas kamu sudah hampir bisa membagikan koneksi wifi kamu dan atau kamu bisa mengkoneksikan komputer kamu ke internet. Nah, saya jelaskan sedikit tentang Quick Setup berikut seperti di gambar ya

Baca :  Cara Menggunakan Tabel dalam Notion

Mode AP diartikan sebagai perangkat digunakan untk membuat jaringan nirkabel untuk perangkat nirkabel, seperti smartphone, pc, tablet, dan sebagainya. Pengertian singkatnya kamu dapat terhubung ke jaringan internet wifi yang tersedia, dan tidak bisa membagikan wifi atau jaringan internet tersedia kepada pengguna lain. Disini kamu langsung terhubung ke jaringan wifi loh.

Mode Client diartikan sebagai perangkat berfungsi sebagai adaptor nirkabel untuk terhubung ke dalam jaringan nirkabel AP, dan tidak menyediakan titik akses nirkabel untuk dibagikan kembali, Hampir sama seperti mode AP ini digunakan sebagai adaptor atau penyambung wifi untuk dapat terhubung ke jaringan utama tanpa adanya fitur membagikan jaringan Wifi ke pengguna lain

Mode Universal seperti repeater diartikan sebagai perangkat ini membuat jaringan nirkabel yang sama dengan AP upstream untuk dapat terhubung dengan jangkauan jaringan yang lebih luas. Keuntungan Universal Repeater dibandingkan dengan mode Repeater adalah fungsi WDS tidak diperlukan pada AP upstream.

Mode WISP diartikan sebagai perangkat terhubung ke titik akses jaringan internet yang disediakan oleh ISP secara nirkabel atau tanpa kabel. Dapat kita bagikan kembali dan kita bisa membagikan jaringan tersebut sampai kebeberapa ip yang berbeda untuk fitur ini

Mode Repeater diartikan sebagai perangkat ini terhubung ke beberapa jaringan kabel secara nirkabel, dan menyediakan titik akses nirkabel. Untuk menggunakan fungsi Repeater perangkat ini, peer AP harus mendukung fungsi WDS, dan menggunakan pita radio yang sama dengan perangkat.

Mode P2MP diartikan sebagai perangkat ini terhubung ke beberapa jaringan kabel secara nirkabel, tetapi tidak menyediakan titik akses nirkabel. Mode P2MP digunakan untuk mencapai komunikasi antara beberapa kantor perusahaan di kota.

Mode Router diartikan sebagai perangkat ini bekerja dalam mode Router, port PPoE LAN/WAN berfungsi sebagai port WAN dan digunakan untuk terhubung ke modem.

Baca :  Cara Mematikan Subtitle di LG TV

5. Pada tampilan selanjutnya silahkan anda isi :
SSID : Nama Wifi Anda
Channel : Pilih Auto saja
Security mode : WPA2-PSK
Encryption Algorithm : Pilih AES
Password : Isikan password wifi anda nanti

Cara%2BSetting%2BTenda%2BO3%2Bmenjadi%2BAcces%2BPoint%2B3
Setting Tenda O3 Sebagai Acces Point

Lalu klik Next dan pilih Save, maka sistem router akan rebot

6. Lalu kemudian login kembali, untuk bisa mengaksesnya silahkan anda setting komputer anda dengan IP 192.168.2.6


7. Maka Router sudah bisa digunakan dan silahkan anda koneksikan kepada SSID yang sudah anda setting tadi.

Cara Mengatur Pengguna Tenda 03

Untuk melakukan kontrol terhadap pengguna anda bisa mengaturnya di Wireless Acces Control, Anda bisa mengatur pengguna mana yang boleh mengakses wifi anda dan yang tidak boleh dengan menggunakan MAC Address, apa itu MAC address dan bagaimana untuk melihatnya pada perangkat HP dan komputer silahkan anda lihat pada postingan ini.

Cara%2BSetting%2BTenda%2BO3%2Bmenjadi%2BAcces%2BPoint%2B4
Mengatur Pengguna Tenda 03

Tenda Sudah Terhubung ke Wifi dan Membagikan Wifi Tenda 03

Selesai berikut adalah tampilan gambar sukses wifi sudah terhubung ke wifi tenda 03 dengan jaringan wifi yang tersedia.

Cara Setting Tenda 03 Lengkap Gambar
Tanda SUdah Terhbung Tenda 03

Cara Mengatur Ulang Password Login Tenda O3

Penting untuk mengatur ulang password pada login, mengapa? karna kawatir pengguna yang bisa mengakses router anda bisa mengacak ngacak settingan anda. Walaupun anda bisa melakukan reset namun alangkah baiknya dengan keamanan dan kelancaran bisnis wifi anda sebaiknya atur ulang sandi. Untuk mengaturnya silahkan masuk ke menu Tool.

Setting%2Bulang%2Bpassword%2Blogin%2Btenda%2BO3
Mengatur Ulang Password Login Tenda O3

Penutup

Demikianlah Cara Memasang Tenda O3 sebagai Acces Point, Secara kesimpulan setelah hampir satu bulan saya menggunakan cukup lumayan power full cukuplah untuk kalangan pebisnis wifi dengan lingkup yang kecil dan harganya juga sangat murah. Anda bisa melengkapi untuk mengatur pengguna agar lebih maksimal bisa menggunakan mikrotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *